Omset Puluhan Juta rupiah dari Keripik Kentang


Keripik Kentang Variasi Rasa
alat pemotong keripik kentang
Sudah sejak lama olahan keripik kentang dikenal masyarakat. Untuk mendapatkan panganan tersebut pun mudah. Meski demikian, Adi Kurniawan tetap memilih keripik kentang sebagai lahan usaha sejak tahun 2012.
Awalnya, warga Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan ini bergerak di industri keripik ubi dan talas. Sadar bahwa bisnis keripik kentang bukan sesuatu yang baru, maka Adi menciptakan inovasi melalui enam varian rasa pada keripik kentangnya.
”Untuk rasa kita ada enam rasa. Kita ada original, sweet hot atau manis pedas, ada yang pedas atau hot, ada yang extra pedas, sama keju dan coklat. Dan yang paling baru adalah coklat. Itu adalah inovasi kita,” tuturnya.
Coklat yang digunakannya bukanlah coklat bubuk, tetapi coklat batang yang dicairkan. Oleh karena itu, keripik kentang coklat tidak setiap hari diproduksi seperti keripik kentang varian rasa yang lain. Keripik kentang coklat hanya dibuat bila ada pemesanan terlebih dahulu.
Ia membanderol keripik kentang miliknya seharga Rp 13.000 per 100 gram. Untuk kemasan 230 gram dijual seharga Rp 25.000. Harga yang sama juga berlaku untuk pembelian keripik kentang coklat dalam kemasan bentuk tabung.
Sistem penjualan secara online dan reseller dipilihnya sebagai strategi utama dalam memasarkan keripik kentang.
Usaha yang diberi nama Raja Keripik Kentang ini setiap harinya menghabiskan 150 kilogram kentang. Proses pembuatan keripik kentang tak jauh berbeda dengan biasanya.
Kentang-kentang pilihan yang sudah dicuci bersih, kemudian diiris tipis. Hasil irisan tipis tersebut dicuci kembali untuk menghilangkan getah pada kentang. Jika sudah bersih, kentang segera digoreng.
Kentang yang telah matang harus ditiriskan terlebih dulu. Proses penirisan kentang dari minyak goreng memerlukan waktu yang lama.
”Kendala sekarang yang dihadapi adalah penyaringan minyak yang butuh waktu lama karena kalau kita pakai alat atau mesin, keripik banyak yang hancur. Jadi kita masih secara alami. Kita diamkan beberapa saat, sampai minyaknya turun baru kita bisa berlanjut ke proses selanjutnya, yaitu dibumbui. Penyaringan minyak setelah kentang di goreng selama dua hari,” imbuh Adi.
Pengusaha muda ini juga menekankan bahwa produk keripik kentang olahannya aman dikonsumsi karena tanpa bahan pengawet dan MSG (Monosodium Glutamate).
 
 
Apakah ada alat pemotong keripik yang murah awet efisien yang bisa digunakan untuk memulai merintis usaha keripik sendiri agar bisa sukses seperti diatas? ADA, klik Pemotongkeripik.com